Skip to content

Tanya Jawab ^^

January 2, 2011

Tatkala suatu hari ada orang bang M (sebut saja begitu) terlintas sebuah pertanyaan,dan beliau mencoba menayakan kepada bang R

M bertanya :
bang R,mau tanya ane,,hehe
silaturahmi itu menurut ane denger itu bisa memanjangkan usia dan menambah rejeki,,,
padahalkan yang namanya usia,rejeki tu udah tertulis di lauhul mahfuz ,tu gmn bang cerita??mohon jawaban bijaksana dari bang R :0

bang R menjawab :
Wa’alaikumsalam wr wb

”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.”
(HR. Bukhari)

…hmm begini bang, lauhul mahfuz itu kan semua catatan khidupan ttg. mirip seperti abang kalo lg coding program, trdiri dr if, else, dan berbagainya. hanya dr dasar if dan else sj udah bisa membuat game yg tokohnyanya bisa kesana kemari terserah mo ngapain.
sama seperti abng klo hdup di dunia ini tersrah mo ngapain, tp tokoh di game itu tetep tercatatkan aktivitasnya, ntah itu tokohnya smkin tua atau levelnya smkn tinggi. gk keluar jalur dr coding yg kita bikin. nah cb hitung ada brp baris program dlm satu game kmputer. banyk bgt kan? nah bagaima dengan server lauhul mahfuz. satu game buatan manusia aja udah buanyak sangat, apalgi ciptaan Allah, yg mnciptakan manusia.

jd semua aktivitas kita ini sdh tertulis bang, dengan berbagai kemungkinannya, tinggal kita mo pilih hdup gmn, jalurnya sudah dibikin. kita udah dikasi hati, pendengaran, penglihatan dan akal utk mnjlnknnya. Namun Allah ttp mpunyai kuasa utk mengubahnya, sepertinya kita sbgai programmer mengubah code. dan itu terserah Allah.

jd tetep semua itu sudah tercatat di lauhul mahfuz bang. makanya Allah bilang, kalo kita ini akan dipertanggung jawabkan apa2 yg telah kita lakukan. krn kita td udah dikasi hati dll.

cb perhatikan, ada yg org yang mengatakn “saya ini sering maksiat, itu krn sdh takdir. aku tdk dikasi temen2 yg sholeh.” ya benar itu sudah tercatat dlm lauhul mahfudz dgn berbagai kmungkinannya. pilihannya itulah yg akan dipertanggung jawabkan nanti di akhirat. sbnrnya dia bisa memilih kemungkinan yg lain yg jauh lbh baik. tapi krn hatinya sndiri dia sperti itu. Dan hati itu akan dipengaruhi apa yg kita lihat, dengar, rasakan dan cintai. jika kita milhat dan mndngar yg gk bener, itu lah yg akn tertanam di hati kita, mkanya sulit utk mnjdi baik lg. hati2 lah dengan hati.

nah terkait rejeki, itu memang Allah sndiri yg ngatur. kita disuruh minta rejeki tu sm Allah. tu AlLah ndiri yg nyuruh. ada alasan mngp setiap org tu berbeda rejekinya. tu ada di Al-qur’an. Mngkn bang misbah gk tau alasannya knp. krn belum pernah baca terjemahan alqur’an 30 juz slma seumur hidup smpai skrg. cb abng baca terjemahannya dr awal sampai akhir, tandai ayat2 yg abng suka. InsyaAllah dpt jawabnya. jgn tilwah bc arabnya aja bang. terjemahnnya jg penting itu. Masa’ kalah sm mu’alaf. ada bbrp sblm msk islam dia mmbc terjmahan alqur’an dr awal smpai akhir. dan akhirnya memutuskn msuk islam. nah bang M ? udah pernah belum ?😀

nah begitu juga dgn usia. sperti tkoh pd game td, bisa mati dgn berbagai cara kan ?
bgitu jg manusia sbnrnya kemungkinan manusia mati itu bisa berbagai byk cara tergantung tindakan kita itu memilih jalan yang mana. *bayangin kemungkinan2 itu sangaaaat banyak. tdk beberapa.

mknya kita melihat ada yg meninggal dlm kadaan husnul khotimah dan ada yg tidak. krn ajal kita gk tau kpan, maka kita disuruh mempersiapkan diri setiap saat.

misalnya abgn memilih jalan utk merokok terus tiap hari, berarti abang mengarahkn diri abang mempercepat ke arah kematian yg berasal dr rokok.

nah berkaitan silaturahmi, itu bisa menambah keberkahan hidup. ada byk org mndpt pkerjaan krn koneksi sm org2 yg dikenalnya. trus krn kita berbuat baik sm org, maka org itu jg berbuat baik sm kita. nah bahkan krn saking baiknya seseorang, orang itu di do’akan oleh org lain. bagaimana kalo kita berbuat baik ke banyak orang, byk jg org yg mndo’akan kita. ada yg mndo’akn smg panjang umur.

nah disini peran do’a tu sgt pntng.
hanya do’a yang bisa mengubah takdir kita.
selayaknya kita meminta seorang progemmer utk mengubah tokoh dlm game.

“Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)

nah bayangin bang kalo abgn dido’ain bayk orang, nah do’a mereka sm takdir abng itu akan saling berlomba di langit. Manakah yg akan terjadi ? takdir abng yg sudah ditetepakan atau jawaban dr do’a mereka? itu tersrah Allah bang..

jadi gitu bang, kalo pendapat an ttg hadist yg di paling atas tadi..
hmm panjang banget ya ? y semoga paham..😀

M menjawab :
insyaAlloh,,,
untuk masalah baca tilawah,insyaAlloh ane dah baca terjemahannya juga,cuman pertanyaan ini muncul secara tiba-tiba,melintas begitu saja seperti bayi yang lahir tanpa dosa,,,

tanya jawab berikutnya bersifat pribadi jadi ane cut gan,,hehe
Mudah-mudahan dengan membaca hasil tanya jawab ini ,para pembaca bisa mengambil ibrohnya🙂

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: