Skip to content

Ini Persiapan Ramadhanku , Apa Persiapan Ramadhanmu ?

July 27, 2011

#Marhaban ya Ramadhan
Sahabat, sungguh tidak terasa,hari ini sudah memasuki hari-hari akhir bulan sya’ban , dan sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah , bulannya para bulan , bulan bonus yaitu bulan suci RAMADHAN, dimana disetiap umat muslim di dunia menjalankan ibadah shaum(puasa) sesuai yang diperintahkan Alloh dalam Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi : “ Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa “.
Marhaban ya Ramadhan . . . Sungguh beruntung orang-orang muslim dimana barangsiapa yang senang/bahagia menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan , diharamkan bagi jasadnya untuk masuk ke dalam Neraka. Subhanalloh , sungguh sangat terbuka lebar kesempatan yang Alloh berikan di Bulan ini dimana pintu masuk Syurga dibuka selebar-selabarnya untuk hamba-hamba yang Bertaqwa dan ditutupnya pintu Neraka serapat-rapatnya. Di bulan SUCI ini juga,hal yang bersifat SUNNAH, pahalanya seperti yang WAJIB dan yang WAJIB pahalanya dilipatkan gandakan. Sahabat, jangan sampai kita ketinggalan dan menyia-nyiakan apa-apa yang telah Alloh berikan kepada kita. Fastabikhul Khoirot,berlomba-lombalah dalam kebaikan .
#Persiapan
Sahabat , sudah sejauh mana persiapan Ramadhanmu ? jangan sampai Ramdhan kali ini akan sama cerita seperti cerita-cerita Ramdhan sebelum-sebelumnya.Sudah berpakah usia kita hari ini ? apakah di setiap tahun , akan menjadi moment yang hanya menjadi sebuah ritualitas belaka? Jangan biarkan itu terjadi wahai kawan sahabatku.. Mari kita buat moment Ramadhan kali berkualiatas,berbobot ,berbibit dan berbibit dengan apa-apa yang kita kerjakan bisa bernilai ibadah d ihadapan-NYA
Persiapan kita menyambut “tamu” harus maksimal , buatlah targetan-targertan amalan yang harus kita capai di bulan Ramadhan tahun ini.Beberapa targetan-taragetan yang bisa teman-teman buat untuk menyambut bulan suci ini , diantaranya :
• Sholat Wajib berjam’ah di masjid [bagi laki-laki] 15 kali
WAJIB dan Sangat dianjurkan hukumnya bagi kaum laki-laki untuk Sholat wajib berjamaa’ah di dalam masjid. Hal ini agar membiasakan kita untuk mendatangi masjid dan memakmurkan masjid.
• Khatam Al Qur’an 2x
Di jaman Rosululloh ,bahwasanya sahabat yang paling lemah adalah sahabat yang hanya mampu mengkhatam Al Qur’an sebanyak satu kali.Kalo berkaca dari para prowi [penulis Hadist] seperti Imam Syafi’I yang bisa mengkhatam Al Qur’an sampai puluhan kali.Bagaimana dengan kita yang menginginkan SyurgaNYA?
• Membaca buku-buku 1x
Buku adalah sumber pengetahuan.Mari kita tambah pengetahuan kita dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat yang akan kita dapatkan dari apa yang akan kit abaca.
• Menghafal Al Qur’an juz 30
Mungkin dari sebagian orang , menghafal adalah hal yang yang sulit untuk dilakukan , tetapi hal sulit belum tentu tidak bisa dilakukan. Coba bercermin dari para hafidz-hafid Al Qur’an , beliau-beliau mampu menghafal Al Qur’an dengan baik , mengapa kita tidak bisa ? Setidaknya kita mulai dari JUZ 30 yang sudah sering kita dengar. Ingat kawan , hafalan Al QUr’an yang kita punya nantinya akan menaikan derajat kita di akhirat kelak, insyAlloh.
• Menghafal Hadist Ar Ba’in [minimal 3 ]
Hadist Arba’in mungkin sudah cukup popular di kalangan umat muslim . Coba kita untuk menghafal hadist arba’in dengan bahasa arab dan terjemahannya agar kita paham dan mengerti apa yang terkandung di dalamanya .
• Sholat Tahajud 15 x
Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang sangat disukai oleh Rosululloh , dimana banyak orang yang jarang untuk melakukannya bahkan sudah mulai ditinggalkan karena lebih mementingkan kepentingan masing-masing. Padahal kalo kita tahu faedah sholat Tahajud sungguh luar biasa kawan.
• Sholat Dhuha 15 x
Kawan sahabatku, tubuh kita terdiri dari ruas-ruas tulang dan berbagai komponen penyusun laennya. Dan kalo engkau tahu tahu, ternyata tubuh kita perlu untuk di-sodaqohkan sebagai bentuk rasa syukur kita. Terus bagaimana caranya ? Caranya tentu saja dengan melaksanakan minimal 2 rakaat sholat Dhuha. Alloh sungguh sangat baik , selalu memberikan keringanan-keringanan kepada kita . Bayangkan saja kalo tubuh ini di sodaqohkan dalam bentuk uang? Apakah kita mampu membayarnya ?
• Bisa menguasai satu bahasa pemrograman
Silahkan saja bagi yang mau mempertajam bahasa pemrograman.
• Bisa menguasai satu bahasa asing
Silahkan saja bagi yang mau mempertajam bahasa asing.

#Ending
Kawan sahabatku,jangan sia-siakan Ramadahan kita tahun ini,isilah kegiatan-kegiatan kita di bulan suci Ramdhan dengan hal –hal yang bermafaat , kalo bisa,kita targetkan untuk menjaga malam-malam kita dengan sebuah kebaikan ,sebisa mungkin bisa mendapatkan Lailatul Qodar.
Mudah-mudahan ada manfaatnya,ambil segi positifna,buang segi negatifna , mari kita luruskan niat, mantabkan hati raih ridho illahi. Waalahu’alam bishawab .

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: