Skip to content

Persepsi berbuka puasa

August 7, 2011

Mayoritas yg dibaca kita saat berbuka puasa adalah :
اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ
Allahumma lakasumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthortu
(Ya Allah, aku berpuasa untukmu, dan aku beriman kepada, dan dengan rizkimu aku berbuka -ed).
Doa ini disyiarkan oleh televisi-televisi , bahkan diajarkan oleh sekolah-sekolah semenjak dini , tapi tahukan kawan , bahwasanya doa yang dipanjatkan diatas itu ternyata dhoif (lemah) dasarnya.Dan ada doa berbuka puasa yang lebih shohih (kuat) dibandingkan doa diatas ,
“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam manakala berbuka membaca doa
ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ.
Dzahabazh zhomau wab tallatil ‘uruq wats tsabatal ajru insya Allah (koreksi : Dzahabazh zhomau wab tallatil ‘uruq wa tsabatal ajru insya Allah)
(Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap, insya Allah -ed)
Terus pertanyaan apakah kita salah menjalankan doa diatas dari kecil sampai sekarang ? sepengatahuan dan pendapat saya , itu tidak mutlak disalahkan , ini menjadi pelajaran bahwasanya ilmu yang kita dapat perlu ada pendalaman dan kajian tiap harinya , dan sudah ada doa yang shohih , maka gunakanlah doa yang shohih, atau lebih bagus lagi doa diatas digabungkan menjadi satu , karena doa-doa yang di bulan Ramadhan insyaAlloh akan diijabah oleh-Nya.InsyAlloh.
Mayoritas dari kita juga , jikalau berbuka puasa ,kita membaca doa buka puasa dulu baru berbuka,itu adalah hal yang salah, kalo kita cermati dari doa diatas , aneh rasanya saat kita belum buka kita berdoa bahwasanya telah hilang rasa haus , urat-urat telah basah ? ini menunjukan kembali ketidaktahuan kita akan makna dari doa-doa yang kita panjatkan.
Hal yang seharusnya kita lakukan adalah sebelum berbuka puasa kita baca basmallah dan doa mau makan [allahumma bariklana fima rozaktana wakina adzabannar] dan kemudian kita mulai berbuka dengan minum/makanan yang manis-manis , selanjutnya kita berdoa berbuka puasa dan dilanjutkan dengan doa-doa yang lainnya , karena doa pada saat berbuka akan diijabah oleh Alloh SWT.berdoalah sebanyak mungkin kawanku dengan niat tulus dan ikhlas.
Semoga hal ini bermanfaat , apabila ada salah-salah kata itu semua dari diri pribadi dan apabila ada suatu kebenaran itu halnya dari Alloh azza wajala.Wa’alahu alam bishawab , ambil baiknya saja dan buang sisi negatifnya.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: