Skip to content

Sharing Bisnis [1]

October 26, 2011

Sebenarnya gue sama achyar dan Ardi pengin bisnis di bidang Agro yaitu peternakan ikan LELE.Tapi karena kesibukan kami masing-masing susah sekali untuk merealisasikan usaha yang sudah kami plan bersama sejak lama[miris].

Bermula dari keinginan gue yang minimal ada progress kedepan, makanya gue usulkan buat mencoba sharing bisnis dengan ASOSIASI Pengusaha LELE yang ada di Bandung.Akhirnya dapat juga nomer kang KENYA.Yang bikin gue kagum,orangnya friendly abis walaupun cuman sebatas ketemu dan sharing2 tentang bisnis ini.Dan akhirnya gue dan achyar janjian buat ketemu kang KENYA.
Gue dan achyar bertemu di UJUNG BERUNG, di Rumah salah satu temen kang KENYA.Pertama kali bertemu g nyangka beliau masih muda.Dan ternyata dia ex Mahasiswa angkatan 2004 jurusan KOMUNIKASI ?waw…

Disana juga ada temen2 kang kenya yg lagi kumpul , kaya kang dikdik dan lain-lainnya.Dan yang paling bikin gue kagum bahasa-bahasa yg mereka gunakan bukan bahasa petani pada umumnya.muncul kata-kata knowledge,exponent yg menurut gue petani jarang banget ngerti2 hal kaya gitu,dan ternyata mereka punya latar belakang pendidikan yang mumpuni.

Berawal gue cerita keinginan gue dan tmn2 buat usaha yang sama seperti yang mereka geluti, mereka merespon cukup baik dan tidak layaknya seperti penjual BUKU atau SALES kacangan yang hanya memberikan informasi-informasi manis belaka.Justru mereka memulai dari kemungkinan terburuk menjadi PETANI LELE sepeti HAMA,MArketing,Pakan.dll. Semua itu membuat gue terbuka ternyata bisnis itu g segampang dan semudah yang ada di coretan tinta dan berita2 acara.Mulai dari pentingnya Qualitas dan Quantitas , Hama dan solusinya, marketing pasarnya [sampai ada mafia juga disana],karyawan, pembagian , pakan serta penjelasan asoisasi mereka. Ilmu yang berharga yang blum tentu gue dapet dari tempat laen.

Dan rencanya gue sama achyar mau berkunjung lagi ke rumah KANG DIKDIK yang mana beliau sudah merintis usaha ini 2,5 tahun yang lalu,bertempat di kediaman beliau di CIPARAY pada hari Jum’at ini[28/10/11 ]dan semoga bisa menjadi sharing ilmu selanjutnya😀

No comments yet

Leave a Reply

