Skip to content

Rekomendasi PDKT 2011

November 10, 2011

Rekomendasi PDKT 2011 :

1.PDKT 2011

  • Menyelesaikan seluruh tanggung jawab panitia PDKT sebelum sidang Laporan Kerja PDKT dilaksanakan.
  • Membuat perjanjian hitam diatas putih baik itu dalam bentuk MoU ataupun Perjanjian Kerjasama yang melibatkan pihak dari luar.
  • Lebih memperhatikan prosedur koordinasi panitia PDKT dengan pihak luar.
  • Perlunya analisis yang komprehensif terhadap parameter keberhasilan acara PDKT sebelumnya sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi PDKT selanjutnya.
  • Melakukan proses evaluasi terhadap semua elemen kepanitiaan dan semua kegiatan yang pernah diadakan baik itu sifatnya internal maupun eksternal kepanitiaan sehingga bisa menjadi rekomendasi pada pelaksanaan PDKT di tahun berikutnya.
  • Memperhatikan LK PDKT tahun lalu sebagai referensi dalam menjalankan kegiatan PDKT.

 

2.SC

  • Mengkaji struktur kepanitiaan yang efektif sesuai dengan kebutuhan kepanitiaan dan memperjelas job description dari seluruh elemen kepanitiaan sehingga bisa meningkatkan soliditas dan efektifitas kerja panitia
  • Rekruitasi panitia tetap memperhatikan aspek komitmen dan kesibukan calon panitia khususnya berkaitan dengan geladi/KP sebagai faktor utama sehingga pada akhirnya bisa memberikan contoh yang baik sebagai sebuah kepanitiaan kaderisasi
  • Perlu adanya analisis karakter calon peserta PDKT sebelum dan sesudah dilaksanakannya PDKT sehingga dapat mengetahui efek pencapaian dari pelaksanaan kegiatan PDKT
  • Memperhatikan prosedur koordinasi panitia PDKT dengan BEM KBM ITTELKOM terkait proses pelaksanaan PDKT khususnya proses koordinasi dengan Institusi.
  • Perlunya penjagaan atau kontroling yang tegas terhadap konsistensi dan komitmen panitia PDKT baik sebelum, ketika acara berlangsung dan setelah acara PDKT telah selesai hingga sampai seluruh tugas panitia PDKT telah selesai
  • Memperhatikan ranah teknis yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh SC PDKT

 

3.Direktur

  • Memperhatikan jobdesk  yang sudah diberikan kepada Direktur, agar tidak terjadi irisan dalam menjalankan fungsinya masing-masing.
  • Cepat, tangkap dan tegas dalam menanggapi masalah serta solutif dan kontributif terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di PDKT 2011
  • Menjaga hubungan komunikasi dengan SC dan OC PDKT 2011 lainnya agar tidak terjadi miss komunikasi.
  • Memperhatikan fungsi dan tujuan pleno,rapat koordinasi, konsolidasi yang menjadi pemahaman dasar sebagai seorang Direktur
  • Membuat dan menentukan timeline strategis sebagai pedoman berjalannya pelaksanaan kerja PDKT.

 

4.EAT

  • Menjaga kelengkapan pengarsipan dan dokumentasi kepanitiaan sehingga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi PDKT selanjutnya.
  • Pengumpulan Lampiran Kerja bisa diperhatikan sesuai dengan kesepakatan di forum dan bisa konfirmasi untuk faktor keterlambatan terlebih dahulu

 

5.FT

  • Setiap aktivitas keuangan harus dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada dan jika terjadi perubahan  mekanisme keuangan maka SOP harus direvisi dan diamendemen kembali serta disosialisasikan kepada panitia.
  • Memperhatikan rincian yang akan diajukan dalam RKA (aspek kepentingan dan kelayakan)
  • Adanya pembagian dana yang proporsional antar dana operasioanal panitia dan dana operasional acara PDKT serta telah mendapat persetujuan legal dari pihak institusi.
  • Memperhatikan format laporan keuangan yang baik dan benar agar dapat dimengerti oleh semua pihak.
  • Lebih memperinci setiap pengeluaran maupun pendapatan dalam laporan keuangan agar lebih mudah dalam pengecekan.

6.COT

  • Mengkaji ulang semua bentuk kegiatan yang pernah diadakan pada kegiatan PDKT di tahun sebelumnya sehingga kegiatan yang diadakan tidak hanya sekedar bersifat rutinitas
  • Memperhatikan waktu pada saat acara agar meminimalisir keterlamabatan berjalannya kegiatan.
  • Memperhatikan koordinasi dengan pembicara atau pihak ekternal lainnya seperti panitia BINROH[Bina Rohani] dan UKM [Unit Kegiatan Mahasiswa].
  • Memperhatikan indikator keberhasilan agar dapat dianlisis kesesuaian acara dengan PUK [Pola Umum Kaderisasi]

 

7.DMT

  • Memperhatikan pemilihan komandan lapangan .
  • Memperhatikan pembawaan sikap ketika berada di luar acara PDKT dan di dalam acara PDKT.
  • Memperhatikan pelaksanaan dan penegakan aturan PDKT baik untuk peserta maupun panitia PDKT.

8.AMT

  • Mengkaji ulang masalah teknis maupun esensi dari penugasan sebagai bentuk dari penunjang keberhasilan acara agar esensi dari acara bisa tersampaikan dengan baik namun tidak mengabaikan aspek teknis pengerjaan dari penugasan yang diberikan
    • Memberikan rincian penilaian peserta PDKT dalam pengumuman agar peserta dapat mengetahui hal – hal apa saja yang dinilai dalam PDKT sehingga mempermudah apabila terjadi kesalahan penilaian.
    • Memperhatikan faktor penilaian yang melibatkan divisi lain agar penilaian lebih obyektif.
    • Menekankan perjanjian dengan FO (Field Observer) agar FO lebih bekerja dengan maksimal.
    • Memperhatikan penghargaan kepada FO sebagai bentuk apresisasi panitia PDKT  kepada FO.

9.ART

  • Menjaga proses komunikasi dan koordinasi dengan internal dan eksternal PDKT sehingga tidak menghambat kinerja panitia PDKT dan memaksimalkan seluruh stake holder yang terkait dengan PDKT .
  • Menjalin hubungan dengan FAST [Forum Alumni STT TELKOM] untuk keterlibatan alumni di PDKT.

 

10.DPT

  • Menekankan proses editorial dalam pembuatan buku PDKT agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan pihak – pihak terkait.
  • Lebih memperhatikan kerjasama dengan pihak percetakan buku.
  • Memperhatikan masalah etika dan hak cipta dalam pembuatan desain logo dan publikasi.
  • Memperhatikan nilai positif dan negatif dalam pembuatan maskot maupun publikasi lainnya.
  • Memperhatikan waktu pembagian sertifikat peserta dengan pasca kegiatan PDKT 2011.

 

11.ME

  • Pengadaan AC untuk acara di dalam GSG melihat kondisi didalam sangat panas dan bertepatan dengan bulan Ramadhan.

 

 

12.FMT

  • Memperjelas pembagian kerja dengan pihak di luar PDKT demi memaksimalkan kinerja tiap – tiap pihak.
  • Mengawal pelaksanaan tender makanan yang dilakukan oleh pihak institusi.
  • Memperhatikan informasi dari institusi mengenai jumlah maba dan miba demi kelancaran pelaksanaan dalam PDKT.
  • Memperhatikan menu vegetarian dan non vegetarian bagi peserta PDKT.
  • Memeperhatikan sharing yang dilakukan dengan panitia sebelumnya agar tidak terjadi hal yang fatal.
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: