Skip to content

Komitmen ? Makanan apa ya ?

November 17, 2011

Hari Kamis tanggal 17 November 2011 , saya disuruh mengisi tentang Komitmen dan mungkin menyerempet ke Pengenalan Organisasi. sasarannya untuk anggota BASMAS 2011 BEM KBM ITTELKOM.Dari sekitar 55 orang anggota aktif cuman 8 orang yang datang.Alhamdulillah ^^. dari segi panitia mungkin kurang informasi ke peserta dan dari peserta mungkin kurang menggali akan informasi yang ada dan tidak ada tingkat “kesatuan” dalam berorganisasi.

Kalo berbicara tentang definisi organisasi, itu adalah suatu kelompok atau beberapa orang dalam wadah tertentu, yang mempunya visi misi dan tujuan yang sama.Organisasi itu ibarat API UNGGUN , seperkasanya api unggun itu menyala , kalau tidak ada suplai kayu bakar , niscaya api unggun akan PADAM. Begitu juga Organisasi kalo tidak ada generasi penerus ,niscaya organisasi akan mengalami kemunduran bahkan akan punah.

Dari survey yang dilakukan tadi, 7 dari 8 orang alhamdulillah melanjutkan untuk berkomitmen di BEM KBM ITTELKOM dengan segala alasan dan sebagainya.Tak bisa dipungkiri , pimpinan baru , sistempun baru dan wawancara yang dilakukan pun baru.

Menyinggung masalah komitmen , menurut Allen and Meyer (1993) ,

“commitment organizational is identified three types of commitment;

affective commitment,

continuance commitment ,

normative commitmen”

Komitmen Affective , inti dari komitmen ini adalah menumbuhkan rasa CINTA terhadap organisasi yang mereka tempati. Ibarat orang yang sedang jatuh cinta, betapa perhatiannya ketika sang kekasih sedang mengalami musibah atau sakit.mungkin akan banyak waktu yang akan diluangkan kepada sang kekasih karena rasa CINTA

Komitmen Continyu , inti dari komitmen ini adalah perasaan BERAT untuk meninggalkan organisasi yang kita tempati. Ibarat ditinggal sang Kekasih , betapa berat kita meninggalkan kekasih yang kita cintai, kalo kata ST12 , 1 jam ku telah bisa cintai kamu dihatiku , namun bagiku melupakanmu butuh waktuku seumur hidupku.Walaupun agak lebay lagunya🙂

Komitmen Normative,inti dari komitmen ini adalah perasaan yang menharuskan kita BERTAHAN di organisasi yang kita tempati.Sikap bertahan yang di organisasi harus kita tumbuhkan karena adanya keterikatan amanah dan tanggung jawab yang besar untuk membuat organisasi lebih hidup.

Mari berkomitmen dari hal yang kecil sampai hal yang besar, jangan sampai kita lalai akan komitmen yang telah kita buat , secara sadar ataupun tidak sadar , baik lisan maupun tertulis , baik dalam hati maupun melalu wawancara , semuanya akan DIPERTANGGUNG JAWABKAN. Salam.

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: