Skip to content

Makna Gerhana Bulan ! Tau kagak lu?

December 10, 2011

“Sesungguhnya matahari dan bulan itu merupakan dua (tanda) dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang dan tidak juga karena kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jika kalian melihat hal tersebut maka hendaklah kalian berdo’a kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah”. Setelah itu, beliau bersabda : “Wahai umat Muhammad, demi Allah, tidak ada seorang yang lebih cemburu dari Allah jika hambaNya, laki-laki atau perempuan berzina. Wahai umat Muhammad, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.”

– Diriwayatkan oleh Asy-Syaikhani [1]

Menyikapi fenomena Gerhana Bulan kemaren malam dibarengi dengan konser musik Sheila on 7 yang membuat seperti ada acara tandingan yang dibuat antara sholat gerhana dan konser musik ,hehe

Sebelumnya untuk memperjelas, sholat gerhana bulan, sifatnya SUNNAH , tanpa ada Adzan dan Iqomah , dilakukan sebanyak 2 rakaat yang mana pada 1 rakaat terdiri dari 2 ruku dan 2 sujud [takbir–> iftitah–>al fatihah–> surat1–> ruku’–>berdiri–alfatihah–>surat2–>ruku’–>it’idal–>sujud–>duduk–>sujud–> rakaat ke2] jadi pada pada 2 rakaat sholat gerhana terdiri dari 4ruku dan 4 sujud. Disamping itu disunnahkan untuk diadakanannya khutbah , sebagian ulama ada yang ada dan ada juga yang tidak ada sesuai dengan kebutuhan.

Pada saat zaman Rosulloh,fenomena seperti ini sangat jarang ditemui, tatkala ditemui fenomena ini , pada saat itu terjadi Gerhana Matahari ,bertepatan juga dengan wafatnya putra beliau yaitu IBRAHIM , pada saat itu warga sekitar beranggapan bahwasanya fenomena ini terjadi karena Matahari sedang berduka atas wafatnya ibrahim.Tetapi kemudian Rosulloh bersabda untuk menepis isu-isu yang ada bahwasanya fenomena yang terjadi saat ini merupakan tanda-tanda kekuasaan Alloh dan sama sekali tidak ada hubungannya orang yang meninggal dunia atau dilahirkan di dunia terhadap fenomena ini.

Ada beberapa makna yang bisa kita ambil maknanya :

1.Menunjukan Kekuasaan Alloh Swt

Mudah untuk Alloh mengatur segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi, fenomena ini merupakan satu dari berbagai fenomena yang Alloh perlihatkan kepada manusia sebagai tanda-tanda kekuasaan Alloh,siapa yang bisa menjajarkan bumi, bulan dan matahari kecuali Alloh? apakah ini hal yang kebetulan? manusia terkadang sangat perlu untuk diingatkan dengan fenomena-fenomena yang terjadi.

2.Memberikan rasa takut

Dengan fenomena ini diharapkan manusia menjadi takut kepada Alloh swt dan senantiasa mengingat apa-apa yang sudah Alloh perintahkan, dimana mudah saja Alloh mencabut nyawa kita kapan saja.Kita tidak tahu kapan kita meninggal, dan kita juga tidak tahu apakah bekal kita sudah cukup untuk masuk ke dalam syurganya ?

3.Melaksanakan Sholat

Sholat adalah salah satu bentuk perwujudan syukur kita terhadap Alloh swt. Fenomena ini patut kita syukuri keberadaanya karena Alloh masih berkenan menunjukan tanda-tanda kekuasaanya kepada kita yang masih diberi kesempatan untuk melihat itu semua.

4.Menganjurkan untuk lebih banyak berdoa

Sesungguhnya waktu yang terjadi pada saat terjadinya gerhana matahari kita disuruh untuk memperbanyak doa , dzikir,infaq dan shodaqoh.

“Sesungguhnya matahari dan bulan itu merupakan dua (tanda) dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang dan tidak juga karena kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jika kalian melihat hal tersebut maka hendaklah kalian berdo’a kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah”

Mudah-mudahan fenomena tadi malam kita tidak menjadi orang-orang yang lalai karena melakukan perbuatan yang sia-sia, semoga kita bisa berjumpa kembali dengan fenomena yang jarang terjadi dan merupakan kejadian langka, dan semoga disetiap langkah gerak kita Alloh masih merahmati dan meridhoi.Amiiin. Waalahualam bishawab🙂

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: