Skip to content

Etika Berorganisasi

September 21, 2012

Mungkin inilah yang menjadi sesuatu yang penting yang jarang sekali diperhatikan oleh pemimpin2 kita bahkan pejabat-pejabat penting dalam berorganisasi baik dalam lingkup negara,provinsi,kota maupun kampus. Sudah menjadi menjadi sebuah sunnatulloh bahwasanya JABATAN/TAHTA menjadi momok UJIAN yang berat dan menggiurkan.Sebuah hak Preogratif pun diberikan bahkan sampai fasilitas dan jaminan kehidupannya di tanggung untuk mencapai kesejahteraan selama si pejabat menjabat.

Yah begitulah kurang lebih.. Ini lah Indonesiaku.. sistem mekanisme yang tidak jelas dan tidak tegas senantiasa mewarnai rona kehidupan ini.Mencoba mengambil kasus yang marak di kampus saya yang terjadi mengenai pendepakan 19 orang dari Badan eksekutif mahasiswa.Kalo masalah pendepakannya saya tidak jadi masalah, cuman etika dalam mendepak saja yang jadi masalah? harusnya ada mekanisme yang jelas bagaimana proses itu bisa diterima oleh seluruh kalangan bukan sebagian orang atau sebagian kecil.
Itu cuman jadi contoh kecil saja bahwasanya butuh yang namanya etika berorganisasi,setiap orang punya perasaan, dan hati-hati bermain dengan perasaan orang ! Lebih baik bermain fisik daripada bermain perasaaan. Kenapa?
Coba ketika ada yang melukai fisik kita, bagian fisik kita yang terluka sedikit demi sedikit, berangsur-angsur akan kembali pulih, tapi coba ketika perasaan orang lain dilukai, butuh proses yang panjang dan kita tidak tau apakah luka perasaan kapan sembuhnya?
Semoga ini menjadi sebuah pembelajaran bahwasanya kita harus senantiasa berhati-hati tentang perasaan orang lain. karena Habluminnas harus diselesaikan dengan orang yang bersangkutan sebelum kita nanti menghadap untuk mempertanggungjawabkan Habluminallah. Selamat malam.

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: