Skip to content

Guru adalah bisnis MLM terbaik

November 12, 2012

Sudah sekian lama diri ini menikmati proses di dunia pendidikan , mulai dari pendidikan TK , SD ( Sekolah Dasar) , SMP ( Sekolah Menengah Pertama) , SMA ( Sekolah Menengah Atas) dan sekarang alhamdulillah dapat mengeyam dunia pendidikan di tingkat Universitas. Perkenalkan nama saya Muhammad Misbakhuddin,saat ini sedang belajar di Institut Teknologi Telkom ( IT TELKOM) Bandung jurusan Telekomunikasi.

Pernah suatu ketika mendengar istilah bahwa guru adalah singkatan dari Digugu dan Ditiru, sebenarnya itu adopsi dari bahasa daerah (bahasa Jawa) yang artinya Didengarkan dan Diikuti, kurang lebih seperti itulah artinya. Begitu besar kandungan arti dari kata Guru, bukan sekedar pengajar di sekolah melainkan pembina dan pembentuk karakter bangsa. Guru formal maupun informal turut andil dalam tugas besar ini.Siapa lagi kalau bukan Guru ?

Dengan tema Guruku Pahlawanku , ini sedikit menarik buat saya, kenapa ? Coba bayangkan di zaman sekarang ini mayoritas survey mengatakan biasanya kebanyakan orang ingin menjadi seorang Engginer, Pengusaha, Perbankan, Karyawan yang notebene memperoleh “gaji” yang diterima non-guru lebih besar dibandingkan dengan menjadi guru. Di zaman sekarang uang adalah segalanya, tapi mereka lupa bahwasanya segala-galanya bukan berasal uang, RIGHT ?

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa ? Ya memang benar apa adanya, di negara ini , sangat sulit mendapatkan penghargaan atau apresiasi yang cukup bagus dari pemerintah kepada orang-orang yang berprestasi salah satunya Guru. Hal ini terbukti banyak ilmuwan dari Indonesia yang lebih senang tinggal di negara tetangga dibandingkan dengan negaranya sendiri. Tapi ini menjadi tugas kita sebagai generasi selanjutnya untuk mengubah hal itu, mengubah sistem yang ada menuju arah perbaikan.

Seringkali iri dengan profesi sebagai Guru, beliau merupakan pahlawan sekaligus negarawan yang jasanya tidak akan pernah hilang baik di dunia maupun di akherat kelak. Di dunia ini para ahli ajar (red : Guru) bisa mengajarkan berbagai macam hal , mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar, dari mulai pelajaran sampai ilmu kehidupan. Bekal ilmu yang disampaikan kepada para siswa/murid akan tetap membekas dan akan menjadi sebuah investasi luar biasa di akhirat yang tidak akan pernah putus dan akan senantiasa mengalir.

Kenapa saya mengambil judul Guru adalah bisnis MLM ? akhir-akhir banyak sekali bisnis MLM yang beredar dan berkembang pesat di Indonesia, tapi jangan salah paham dulu arti Guru adalah bisnis MLM terbaik. MLM yang dimaksudkan penulis adalah MLM akhirat yang menitikberatkan akan kebaikan dan penanaman pola pikir dalam  mendidik,membina,dan membentuk karakter bangsa.

Coba bayangkan investasi yang ditanam oleh guru , investasi jangka panjang, dan saya tidak akan pernah rugi atau bangkrut sekalipun, coba kita berhitung, jikalau seorang guru mengajar satu kelas yang isinya sekitar 40 orang , dan dalam satu tahun dia mengajar 5 kelas yang berbeda, berarti ada 200 orang yang di ajar , misal dalam dalam masa baktinya kita ambil 20 tahun masa mengajar aktif , maka guru tersebut akan mengajar sekitar 4000 orang. Yang namanya Guru pasti yang keluar dari mulutnya adalah “kebaikan” dan sangat musthil dan bahkan jarang seorang guru mengjarkan hal-hal yang berbau negatif. Taruh saja 50 % terinspirasi dari kata-kata seorang guru tersebut dan menerapkan dalam kehidupannya, berapa banyak  “saldo” akhirat yang akan beliau terima. Ingat sabda Rosulluloh yang mengatakan bawhasanya Ilmu bermanfaat adalah satu diantara tiga yang amalannya tidak akan pernah terputus dan akan terus mengalir atau kalau di dunia nyata ini disebut pasif income.

Semoga dengan adanya tulisan ini banyak menginspirasi para GURU di seluruh Indonesia bahwasanya pekerjaan anda adalah pekerjaan yang sangat mulia baik disisi manusia maupun disisi Tuhamu. Jangan engkau kotori profesi dengan tindakan-tindakan korpusim kolusi dan nepotisme serta tindakan-tindakan yang membuat Tuhanmu Marah. Guruku Pahlawanku, engkau begitu berjasa dalam hidupku, semoga ilmu-mu senantiasa mengiri setiap gerak langkumu menuju Jannah (Surga) Tuhanmu.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: