Skip to content

“Ketetapan Allah “

December 2, 2012

Seperti yang kita dengar bahwasanya ketetapan Allah atau biasa disebut takdir sudah ditetapkan. Dan proses penciptaan manusia berproses yang sudah menjadi ketentuan Allah. Ketika 120 hari lamanya Allah meniupkan ruh kedalam janin dan menakdirkan 4 hal yang nantinya akan dilewati,yaitu :

1. Rezeki

2. Umur

3.Amal

4.Kehidupan bahagia/sengsara

Lantas apakah kita harus pasrah dengan takdir ini? jelas TIDAK ! Kadang ini lah yang menjadikan alasan untuk orang enggan berusaha, kita disuruh untuk berusaha dulu masalah hasil biarkan Allah-lah yang menentukan. Ingat, Yang terbaik menurut kita belum tentu baik menurut Allah , tetap yang terbaik menurut Allah sudah pasti baik menurut kita. Kemudian bahwsanya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak mau berusaha.so Berusahalah…

Kadang masih banyak orang yang tidak percaya akan hal-hal seperti ini , seperti tidak masuk akal dan tidak rasional, masa iya hidup kita sudah ditulis sebelumnya, dan nanti di akhirat akan ditayangkan ulang segala apa yang kita perbuat untuk dipertanggungjawabkan. Nah ! inilah fungsi IMAN. Susah kalau belum beriman untuk percaya hal yang ghaib.

Mungkin sedikit saya logikan dalam kehidupan sehari-hari, Lauful Mahfudz adalah Mega server yang menuliskan catatan takdir manusia, bagi saya yang paling mendekati catatan takdir ini adalah logika “if then else” , jadi ketika kamu berbuat ini,kamu akan sepertii ini, jika kamu berbuat itu, kamu akan seperti itu jika tidak keduanya maka jalan lainnya. Contohnya Rezeki, Rezeki itu ditetapkan bukan JUMLAHnya tetapi Caranya. Ketika kamu mengambil cara menjadi Pengusaha, rezekinya seperti ini, ketika kamu mengambil cara menjadi karyawan maka rezeki yang didapat seperti, dan seterusnya.

Tahukah sabahat teknologi Webcam ? Coba perhatikan teknologi webcam itu digunakan untuk merekam segala aktifitas selama berhari-hari,berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.dan ketika nanti ada sesuatu yang ganjil atau sesuatau yang dibutuhkan di hari yang sudah terlewat, bisa tidak  kita tonton kembali tayangan hari-hari sebelumnya menggunakan webcam? Nah sama ketika nanti di akhirat, sudah jelas akan diputer itu aktifitas kita di dunia, sudah ngapain aja di dunia dan sebagaimana untuk dipertanggungjawabkan?

Satu lagi , tahukan sahabat Isro Mikraj ? tatkala itu Muhammad melakukan perjalanan jauh dari masjidil Haram ke Masjidil Aqso selama satu malam dengan menggunakan burok.Perjalanan dari tempat itu hampir mencapai puluhan km. Banyak yang menganggap Muhammad gila, g masuk akal , dan lain2nya. tapi Memang ketika Allah yang berkehendak tidak ada yang bisa menghalangi. Coba perhatikan, sekarang, disini sudah ada teknologi canggih dibidang transportasi, namanya PESAWAT TERBANG. ustad Yusuf Mansyur bernah bercerita , beliau subuh di Madinah , Isya di Jakarta,di hari yang sama. kira-kira bisa tidak?

Sahabat, masalah ketetapan Allah biarkan Allah yang mengurus, kita manusia sudah berusaha saja. Masa iya sih ketika ditulis,tidak bisa dihapus yang menulis? Suka-suka penulis kan ya?. berbaik sangkalah kepada Allah, karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya. jalan sing lurus, lempeng g usah coba belok-belok, karena kematian sangat dekat dengan kita. Tetap jaga iman, jangan sampai cahaya iman itu pudar dari diri kita, naudzubillah. jadikan ketetapan Allah ini sebagai lecutan, motivasi agar senantiasa memperbaiki diri bukan malah memperbagus toping pribadi.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: