Skip to content

Krisis Umat Muslim

December 12, 2012

Ketika Rosululloh bertanya : ” Bagaimana pendapatmu tentang wanita yang senang membuka aurat ?”

Sahabat menjawab : ” Saat ini wanita senang menutup aurat, apakah hal itu akan terjadi ya Rosululloh? “

Rosul menjawab : ” Akan terjadi yang lebih buruk dari itu.. “

Rosul bertanya : ” Bagaimana pendapatmu jika sering terjadi kemungkaran di dunia ini? “

Sahabat menjawab : ” Saat ini kami senang melakukan yang makruf ya Rosul , apakah hal itu akan terjadi?

Rosul menjawab : ” Akan terjadi yang lebih buruk dari itu..”

Rosul melanjutkan : ” Ketika menjadi kebiasaan ,mengajak kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf “

masih membekas kajian ustad Hanan At Taqqi mengenai rasa KAGUM dan HERAN. Jarang sekali yang membahas tentang kaidah fiqih ini. Padahal ini penting untuk kita pelajari dan kita cermati bersama dalam kehidupan dunia ini.Seringkali kita merasa KAGUM dan HERAN , namun meletakan hal itu di tempat yang salah.sehingga krisis umat Islam lahir dari salahnya meletakan rasa KAGUM dan HERAN.
Contoh :
1.Istri yang mau menutup Aurat , Suami merasa HERAN, bertanya-tanya , ada apa dengan istri saya? Tapi tatkala Istri membuka aurat dan berdandan berlebihan, Suami merasa KAGUM akan “kebolehan” yang dimilikinya.
2.Anak usia 5 tahun bisa Hafidz Al Qur’an, banyak yang merasa HERAN , karena anak-anak mereka usia 4 tahun saja tidak bisa baca huruf ijaiyah.Namun ketika anak-anak mereka bisa dance , nyanyi , mereka malah berdecak KAGUM.
Penempatan ini juga berdampak kepada Tokoh/Idola yang kita KAGUMI.
Beberapa dalil tentang KAGUM dan HERAN –> Al Baqarah ayat 221 , Al Fath ayat 29 , At Taubah ayat 53 dan Al Maidah ayat 53. Sebenarnya ada 15 ayat. Namun karena waktu yang tersampaikan ayat-ayat diatas.
Intinya bagaimana menempatkan rasa KAGUM dan HERAN di tempat yang benar. Tidak boleh kita Mengagumi Orang Kafir, Tapi diperbolehkan untuk mempelajarinya. Beda Konteks kan?

Misalnya , kita mengagumi Lady Gaga, segala bentuk yang berhubungan dengan Lady Gaga semua menjadi koleksi pribadi bahkan kepribadian kepada Lady Gaga. Ini salah satu KAGUM yang salah. Kenapa ? Lady Gaga itu “tidak sopan” dalam kaedah agama dan tradisi Indonesia. Namun sayangnya ketika terjadi Konser Lady gaga akan diselenggrakan, dan akhirnya dibatalkan oleh Ulama, apa yang terjadi? Kecaman kepada Ulama semakin menjadi-jadi, mereka mengecam tidak akan ikut kajian, nah inilah dampaknya ketika salah menempatkan rasa KAGUM dan HERAN. Krisis umat Muslim seringkali terjadi.Inilah yang ditakutkan Rosululloh..

Diceritakan anak TK, seorang perempuan yang masih TK bercerita kepada ibunya, “mamah saya ditembak sama si fulan” , ibunya keheranan, ” ditembak bagaimana nak? ” , si anak menjawab ” si fulan bilang kalo dia suka sama aku ” , si ibunya bertanya ” terus kamu bilang apa nak ? ” , si anak menjawab ” aku sudah tau dari dulu kalo kamu suka sama aku” . Ini sudah menjadi virus bahkan sampai ke anak TK dan SD. Hal yang seharusnya mereka tidak tau, istilah-istilah dewasa yang seharusnya bukan diberikan kepada mereka ,tapi mereka tau.Inilah pentingnya pendidikan dan peran orang tua sejak dini, perhatikanlah anak-anakmu wahai para orang tua, mereka investasi terbaikmu..

Ketika seorang anak laki-laki meminta kepada orang tuanya untuk menikah, justru dengan berbagai pertimbangan, karena belum lulus S2, belum punya rumah, penghasilan masih sedikit, anak laki-laki tersebut belum diperbolehkan sama orang tuanya dengan alasan apapun walaupun calon perempuannya sholehah dan punya latar belakang yang baik. Padahal MENIKAH hal yang baik ? benar?
Namun kebanyakan orang tua sekarang bertanyaa, ” kamu sudah punya pacar belum nak? kalau sudah bolehlah dikenalkan kepada bapak ibu ” Ini sudah menjadi hal yang umum bahwa pacaran menjadi proses yang dilakukan sebelum nikah,padahal NIKAH bukan hal yang baik?benar?

Krisis umat Islam semakin hari semakin menjadi-jadi. Kepercayaan kepada Agama Islam itu sendiri menjadi terkikis. Idola yang seharusnya tidak pantas kita berikan selain kepada sang Pencipta menjadi bibit yang tidak bagus. Kemungkaran menjadi hal biasa, dan Amal Makruf seakan menjadi sebuah hal yang langka. Tapi itulah yang akan terjadi dan sudah menjadi sunnatulloh bahwasanya Islam masuk dalam keadaan Asing dan akan kembali terasing pada akhirnya. Bersiaplah wahai umat Muslim.

4 Comments leave one →
  1. December 13, 2012 3:44 am

    Reblogged this on sitiagel.

  2. December 13, 2012 4:22 am

    Kalau saya kagum dengan tulisan ini bagaimana mas ? hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: