Skip to content

Nama-nama Abu Bakr

April 24, 2013

Seperti yang kita tahu bahwsanya Abu Bakr adalah salah satu sahabat Rosulullah yang utama yang mempunyai banyak sekali napak tilas yang harus kita contoh dari beliau. Bahkan Abu Bakr termasuk ke dalam 10 sahabat yang dijamin masuk Surga. Sebelumnya penamaan yang terjadi di Indonesia adalah Abu Bakar, dalam penulisan yang benar adalah Abu Bakr, jadi mari kita biasakan dan ubah kebiasaan lama yang salah kaprah tersebut.

Ada beberapa nama atau panggilan yang disematkan kepada Abu Bakr, diantaranya adalah :

1. Abu ‘Atiq / Al ‘Atiq
“Engkau adalah orang yang bebas dari api neraka ”
Manusia akan masuk dari berbagai berbagai pintu, adayang dari pintu orang-orang yang syahid ada orang-orang yang rajin puasa , dan sebagainya. Tetapi Abu Bakr dipanggil dari semua pintu Surga. Bahkan api neraka jauh dari Abu Bakr, panasnya saja tidak bakal kerasa apalagi asapnya tidak akan menyentuh ujung rambut Abu bakr.
Dalam sholat sebelum sunnah kita disunnahkan bahkan sifatnya sunnah muakad dan ada sebagian ulama yang mewajibkan yang berbunyi
” Allahumma inni ‘adzubika min adzabi jahannam, wa min adzabil qobr, wa min fitnatil mahya wa mamat, wa min masikhid dajjal”
artinya : ya Allah lindungalah aku dari azab neraka (Jahanam), dan dari siksa kubur, wa dari fitnah saat masih hidup dan setelah mati, dan dari dajjal ”

2.As Shahib (Teman/Sahabat)
Allah sendiri yang memberikan label As Shabib kepada Abu Bakr yang tertuang pada surat At Taubah (9) ayat 40.
dan dalam hadist diperkuat dengan perkataan yang  Rosululloh, yang mengumpamakan jika aku boleh memilih satu sahabat yang tidak akan pernah berpisah untuk selama-lamanya pasti aku akan memilih Abu Bakr.

Padahal kalau kita telisik, Abu Bakr orangnya lemah fisik ( kurus) , bahkan pakaian yang dipake selalu tidak bisa menggunakan isbal karena baju yang digunakan selalu kebesaran sedangkan badannya kecil, tapi beliau menjadi teman dalam Hijrah, kenapa bukan Umar bin Khatab yang fisiknya kuat? yang mayoritas kalangan orang Quraisy takut kepadanya karena “jagoan” , atau Abdurahman bin Auf yang kayanya luar biasa ? Karena Iman Abu Bakr :))
Jikalau pahala Abu Bakr sendiri ditimbang dengan pahala seluruh umat muslim yang ada di dunia ini (ada Umar, Utsman, Ali, dan kita semua), pastilah timbangan Abu Bakr lebih berat.

3.Al Aww’ah
” Ya Rosulullah, Sesungguhnya Abu Bakr itu orang yang lembut hatinya ” (Aisyah)
Bahkan Abu Bakr ketika mengimami sholat dan membaca 1 ayat, pasti terisak tangis beliau selalu mengiringi, sampai2 Abu Bakr dibilang lebih banyak menangis ketimbang membaca Al Qur’an.
Kekhawatiranpun terjadi bagi kaum Quraisy yang merasa tidak senang dengan perbuatan Abu bakr karena mengundang perhatian dan ketertarikan istri-istir kaum Quraisy yang menyaksikan Abu bakr sholat/membaca Al Qur’an sambil menangis. Sampai dari kalangan kaum Quraisy meminta kepada kaum dari Abu Bakar untuk meminta menghentikan perbuatannya atau segala perlindungan di tanah Arab akan dicabut.

4. Al Atqa
Orang yang paling bertaqwa –> QS. Lail (92) ayat 17 dan QS. Al Balad ayat 11
Banyak sekali Allah menyebut Abu Bakr dalam Al Qur’an, padahal kita tahu Al Qur’an sungguh sangat mulia keutamaannya, bahkan pahalanya pun dihitung per HURUF bukan per KATA atau KALIMAT. Sedangkan banyak sekali ayat yang menerangkan betapa bertaqwanya Abu Bakr.

5.As Siddiq (membenarkan)
Dialah Rijal pertama yang beriman kepada risalah Nabi. Tidak pernah ragu menerima kebenaran.
Az Zumar (39) ayat 33
Ba’ait Abu Bakr saat masuk Islam pun ditulis dalam Al Qur’an -> Al An’am (6) ayat 162
dan termasuk dalam doa iftitah yang sering kita dengar dan kita amalkan disamping versi yang lainnya.

Demikian nama-nama baik yang ditujukan dan diberikan kepada Abu Bakr. Mari kita tauladani hidupnya, jadikan contoh dalam keseharian. Beliau adalah orang kepercayaan Rosul, Sahabat , teman baik Rosulullah, orang yang dijamin masuk Surga. Setidaknya kalau kita ingin masuk Surga ikuti apa yang Allah dan Rosulnya perintahkan, ikuti apa yang para sahabat Rosul contohkan dengan segala kebaikannya. Waalahualam bishawab. Semoga manfaat😀

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: