Skip to content

Menyenangkan kedua orang tua..

May 22, 2015

Berbakti kepada orang tua hukumnya wajib ! bahkan seorang laki laki ketika sudah menikah pun prioritas taat tetap orang tua menjadi yang pertama, sedangkan seorang perempuan prioritas ketika sudah menikah menjadi kepada suaminya. Berbakti kepada orang tua hukumnya wajib TAPI harus sesuai dengan syariat , ketika ketaatan melanggar dari syariat kita diperbolehkan untuk tidak taat kepada orang tua dengan kaidah kaidah yang benar.

Sebagian dari kita banyak yang berdalih untuk menyenangkan kedua orang tua, tapi tidak memperhatikan syariat syariat yang ada. Salah satunya adalah ketika memilih pekerjaan, saya adalah salah satu yang tidak taat :’)
Cita cita terbesar orang tua saya adalah mempunyai anak yang nantinya bekerja sebagai GURU dan PEGAWAI BANK, kalau melihat basic ilmu saya, sangat susah untuk menjadi guru umum, maka salah satunya adalah  menjadi pegawai bank.
Sepengatahuan saya bekerja di bank, adalah suatu pekerjaan yang sangat bergesekan dengan syariat, karena mayoritas pelakunya menggunakan sistem RIBA !

Ketika lulus, menjadi seorang jobseeker, banyak sekali lowongan pekerjaan di bidang perbank-an konvensional, kadang hati tergeletik untuk mendaftar tapi ini sangat bertentangan, bahkan tawaran dari temen temen, relasi yang cuman butuh tanda tangan untuk bekerja di salah satu bank termuka di indonesia saya tolak.
Teringat sebuah hadist bahwasanya barang siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, in sya Allah akan digantikan dengan sesuatu yang lebih baik. Alhamdulillah, setelah beberapa bulan berusaha, bertawakal dan berdoa, Allah memberikan pekerjaan yang sesuai disipilin ilmu saya dan terhindar dari perkerjaan yang berbau riba. Alhamdulillah ala kulli hal..

Ketika kita memutuskan untuk “tidak” berbakti kepada orang tua karena perihal syariat, maka beritahulah dengan cara yang makruf (baik). Bukan dengan kalimat perintah atau menggurui. In sya Allah orang tua akan faham dengan prinsip hidup yang kita ambil. Menyenangkan orang tua bukan berarti harus bergesekan dengan syariat Islam, Islam itu sungguh indah jika memang benar benar dijalankan, banyak banyak berdoa semoga kita senantiasa diberikan nikmat iman dan islam dengan sebenar-benarnya , dan dimatikan dalam keadaan beriman, Aamiinnnnnn

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: