Skip to content

Ujian itu Pasti !

November 22, 2015

Disuatu malam minggu, saya diajak kumpul, sebenernya malas karena pasti sampai larut malam bahkan pagi dini hari, tp karena dipaksa dan permintaan karena besok ada yang terbang ke kalimantan, ke semarang dsb akhirnya kumpul juga..
setelah sekian lama ngbrol, temen saya ini curhat mengenai bisnisnya dulu jaya jayanya sekarang sedang terpurul sekali, tiap hari dapat bawa uang 8jutaan, selama sebulan bisa ganti hape 4x, buat maksiat ke tempat karoke bisa habis diatas 5juta semalem, kemudian suatu saat ada peristiwa yang menyebabkan semuanya berubah. Dia bertanya kepada saya kenapa ya? skg rejekinya susah banget? padahal saya udah mulai sholat lagi, ngaji Al qur’an lagi,tp cati duit rasanya susah ga segampang duluu ketika doyan bermaksiat..
saya pun cuman senyam senyum aja, ringkasan jawabannya pertanyaannya adalah istidraj, ketika Allah kasih rejeki yang begitu banyak tp kita semakin jauh dari Allah, maka siap siap adzab Allah menyambut di akherat, coba perhatikan kenapa banyak yang non muslim tapi kaya kaya? Allah sudah tidak peduli dengan mereka, dan untuk kasus ente Allah kasih teguran biar sadar, kesempatan buat ente bertobat, coba kalau bisnis ente ga bangkrut, ente hari ini mungkin lagi maksiat seperti duluuu..
ingat, Hijrah itu pasti diuji, ga mungkin ga bakal ada ujiannyaa..
begitulah inti jawbannya, selang beberapa hari ada chat dari temen saya,
T(emen) : hud, lagi sibuk?
S(aya) : enggak bro
T : Lagi galau banget nih, pengen curhat sama ente, kalau sibuk ya ntar aja
S : curhat apa?
T : masalah hidup bro, lagi galau inii
S : yang di galau kan apa?
T : iya. aku ngrasa seperti dijodohkan rejekine hud. sudah asa yang pake jasa pembuatan produk dari kita, nilainya lumayan. eh tiba tiba di cancel.Sudah beberapa kali selalu seperti itu. Kenapa ya hud? Aku sudah berusaha memperbaiki diri hud, ga seperti dulu, sholat ya kalau ga sibuk mesti ke masjid, menurut ente aku harus bagaimana?
S : harus sabar dan tawakal.. dst..
T : iya hud, aku sampai berfikir, gila jaman dahulu cari duit enteng banget, sekarang kok berat banget. Aku sampai putus asa, kalau ibuku ga sampai mengingatkan mungkin sudah selesai nih hidup di dunia, apa cobaan mau berubah emang berat seperti ini?
S : ..bla bla bla..
T : aku sampai berfikir apa gara gara duit haram, kalau sampai emang gara gara duit haram bersihkannua bagaimana?aku cuman pengin ketenangan hiduppp.. aku merasa dosa sekali, sampai malu kalau minta minta. mungkin sebaiknya tak merenung duluu..
S : ..bla bla bla..

Mari kita renungkan ayat2 berikut ini, dan kita persiapkan diri kita untuk menerima ujian2 kehidupan tersebut dengan sabar.
Semoga Allah membimbing kita. amien.

[2:155] Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (AL BAQARAH (Sapi betina) ayat 155)

[2:214] Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (ujian) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.

[3:186] Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.

[5:48] Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

[8:28] Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai ujian dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.

[21:35] Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai ujian (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.

[29:2] Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?
[29:3] Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

[25:20] Dan Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Dan kami jadikan sebahagian kamu ujian bagi sebahagian yang lain. Maukah kamu bersabar?; dan adalah Tuhanmu maha Melihat.

[47:31] Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu

Dari banyaknya harta, kemudian melalaikan dia dari Rabb-nya, Allah tegur karena sangat sayangnya, dan sekarang sedang berusaha bangun dengan perubahan yang lebih baik in sya Allah, dan ending yang paling saya suka ” aku cuman ingin hidup tenang “..

setiap kisah hidup orang unik unik, semoga kita semua jadi orang lebih baik lagii in sya Allah..

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: