Skip to content

Perihnya hijrah..

November 27, 2015

Surga yang Allah azza wajala berikan tidak menjanjikan kemudahan, tidak menjanjikan kesenangan dunia, bahkan segala kesenangan dunia lebih mengarah ke neraka, perih bukan?
Banyak orang yang mengambil keputusan besar dalam hidupnya untuk berhijrah, yang kita liat sepertinya keren dan gampang tapi itu tidaklah mudah, seriusan🙂 Bukannya Allah azza wajala akan senantiasa menguji orang orang yang beriman?
Saya coba cerita beberapa proses hijrah saya, semoga ada hikmah pelajaran yang diambil,
Ketika proses mencari kerja, prinsip yang diambil adalah jangan mengambil pekerjaan di bank konvensional dan asuransi, hampir putus asa ketika cari kerja seakan tak ada guna kuliah tapi lama cari kerja, suatu saat Allah azza wajala menguji dengan tawaran kerja di salah satu bank konvensional, tanpa test, langsung kerja karena rekomendasi dari Pimpinan Cabang Pusat, bergejolak bukan? disaat butuh kerjaan, bertolak belakang dengan prinsip, apalagi orang tua saya pengen anaknya kerja di bank, bukankah termasuk membahagiakan orang tua itu ibadah? Cuman berfikir dan berdoa, akhirnya coba menolak dengan halus dan menyakini bahwasanya ketika kita meninggalkan karena Alllah, pasti akan ada gantinya, pasti!  :’) Alhamdulillah, qadarallah Allah kasih kerjaan yang lebih baik, janji Allah bukan?
celana cingkrang, dulu saya ga ngerti kenapa ada istilah isbal, coba cari cari, belajar, memutuskan untuk tidak isbal, muncul kata kata “kekurangan bahan”, “kebanjiran”, “teroris”, dsb, itu darimana? dari keluarga sendiri, dari lingkungan orang orang terdekat. Bagaimana rasanya dikucilkan, dicemooh, dihina? apalagi sama keluarga sendiri, perih bukan? ya memang begitu ujiannya..
mungkin itu sedikit dari apa yang saya alami, untuk orang orang yang ingin berhijrah ke lebih baik, yakinlah pertolongan Allah itu dekat. Cobaan kita belom ada apa apanya dengan cobaan umat sebelumnya, ada yang dibunuh, disiksa, dibelah hidup hidup, dikubur hidup hidup, dipasung, dan cobaan lainnya demi mempertahankan prinsipnya..
Banyak dari kita yang ga tahan dengan ujian, berkaca dari teman teman saya yang perempuan, dulu dengan anggun menggunakan jilbab panjang dan rok lebar, sekarang? jilbab pendek, celana panjang ngetat, kaos kaki ga kepake, jauuhh sekali dengan apa yang saya kenal sebelumnya, astaghfirullahal adzim.. semoga Allah kasih hidayah untuk jadi lebih baik..
Jangan jadikan keluarga tidak mendukung sebagai alasan, ingat kita tidak bisa memilih lahir dari lingkungan keluarga yang taat atau maksiat, tapi kita diberikan Allah kemampuan untuk berfikir menjadi manusia yang taat atau maksiat..
Diri pribadi pun belum tau apakah nanti ujian ujian berikutnya bisa dilewati? ketika mencoba sharing dengan beberapa rekan cobaan keimanan tak jauh dari kebutuhan ekonomi, desakan keluarga, godaan wanita, jabatan,yang semuanya memang Allah dan Rosulnya sudah gariskan, cuman mampu berusaha dan berdoa semoga dikuatkan dalam iman dan islam, ditetapkan hatinya dalam agama ini..
sekali lagi, hijrah itu bisa jadi mudah, tapi mempertahankannya yang susah, maka istiqomahlah🙂

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: