Skip to content

Lingkunganmu penguatmu atau pelemahmu..

December 5, 2015

Pernah melihat tulisan yang berasal dari ustad syafiq riza basalamah bahwasanya kalau mau berubah ya berubah juga temanmu, mungkin seperti itu, tp inti yang saya tangkap adalah sebenarnya adalah sebuah lingkungan. Lingkungan pertemanan, perkeluargaan dsb, apakah itu menjadi penguatmu atau malah pelemahmu..
Saya coba membandingkan lingkungan masjid dan non masjid, ma sya Allah jauuhh sekali bedanyaaa🙂
Ketika berada di lingkungan non masjid ada beberapa contoh, ada contoh unik percakapan
temen : bro, lu masih betah kagak disini?
saya : ya alhamdulillah, klo ada kesempatan yg lebih bagus ya dicoba nanti, gimana emang?
temen : ya nih gw udah males banget, udah ga bagus bro managementnya dll
saya : ooh, emg yg lu cari apa? gaji? atau apa?
temen : ya begitulah, dulu gw di A gaji gw $1750 bro, proyek 8bulan kelar 5 bulan, sisanya liburan men ! karena sekarang downgrade jadi $950 mending gw cabut dah berasa ga dihargain, capek, meski disini gaji gw jauh tapi disini perusahaan masih bisa lah buat kejar karir, atur regulasi, seengaknya masuk managementya
saya : keren ya bro lu, hehe
temen : lu ga ditawarin di posisi X?
saya : nah lu kan dulu yg lu nawarin, gw ga mau
temen : harusnya lu ambil, posisi X bisa buat karir lu cepet, gaji naek, ayo mau kagak bareng gw ke jakarta kita?
saya : ga deh, gw masih nyaman dengan posisi skg, pengen tenang aja hidup ga neko neko bro hehe
temen : lu harus keluar men dari zona nyaman lu, lu  masih muda, kebutuhan lu banyak? lu ga mau apa beli mobil dan rumah dalam jangka wktu cepet? lu ga mau apa gaji puluhan juta? temen gw aja bisa tuh gaji 70juta per bulan men..
saya : hehe.. nanti deh, klo gw butuh gw Contact lu lagi, beresin dulu aja nih kerjaan
temen : oke..

A : bang istri dimana?
B : gw belom punya istri bro..
A : kiraen udah, umur sama uang udah oke juga
B : belom, calon sih ada, cuman lagi di jepang sekolah grafis, dapat gaji men, enak bener dah
A : wah ldr yaa? ga berat apa?
B : gw udah ga anggap aja dia jadi pacar gw, gw udah relain dia kalau di jepang ada cowo yg oke sok aja dia sama yg lain gpp, kasihan dia disana juga butuh kasih sayang, cuman dia ga mau katanya kita bisa menjalani ini kok, yaudeh..
A : nah lu ga cinta apa? kok dilepasin gtu aja
B :biasa aja, lagian perawannya udah gw dapatin hahahaha

sementara di lingkungan masjid ketika saya menunggu iqomat sholat maghrib, seorang bapak duduk sebelah saya, bersalaman dan berbisik ” mas, kalau saya yang nanti ga ada di surga tolong tanyakan saya Allah yaa mas.. ” sambil senyum dan ketika itu tanpa sadar mata jadi berkaca kaca..
saya : pak, kalau saya mati maafin yaa pak, doaen biar saya matinya khusnul khotimah seperti dua orang jamaah di masjid ini
bapak : in sya allah mas, namanya kematian itu pembelajaran hidup #diam, hening, berkaca kaca

Ya begitulah mungkin simpel lingkungan, kita bisa memilih mau hidup di lingkungan yang seperti apa?
ketika saya berada di lingkungan kerjaan, jarang saya dengar kalimat penggugah iman, pengingat syukur, padahal yang kasih rejeki kita siapa? yang ada kurang kurang dan kurangggg.. harus punya ini, itu dan seterusnyaa.. seolah olah dunia itu selamanya..
sangat jauh berbeda dengan lingkungan di masjid, jauuh sekalii, ketiadaan saya berada di jamaah pun ada yang menanyakan, nasehat sering saya dapat disana,jarang bahas duniawinyaa..
Lingkungan keluarga, lingkungan kantor dan semua lingkungan ini bisa jadi cobaan keimanan, ada yang gagal dan terpuruk, ada juga yang sukses dan bahagiaa..
Semoga Allah azza wajala menjaga kita dari lingkungan yang buruk..

No comments yet

Leave a Reply

