Skip to content

Jangan menikah jika tidak siap..

March 12, 2016

Menikah selalu menjadi permasalahan yang tak akan ada habisnya untuk dibicarakan, bukan perkara siapa yang duluan tapi apakah sudah siap untuk menikah? teman teman sebaya banyak yang sudah melangsungkan pernikahan di usia usia yang relatif muda, tapi ternyata tidak seindah ketika perbicangan sebelum menikah, cobaan makin besar, ujian makin terjal, dan kadang terlintas ” Ya Allah, apa saya harus menyerah ? ”
Menikah tentu menjadi anjuran bagi pemuda, tapi bukan yang cuman bermodal semangat saja, modal duit saja tapi yang paling penting adalah kesiapan ILMU dalam membina rumah tangga, banyak yang sekilas dari kacamata awam, dunia mereka sudah dapatkan, mobil sudah punya, rumah sudah ada, motor pun sudah ada, bisnis masih jalan, namun sayang ternyata dibalik kemewahan itu semua JAUH sekali dari yang namanya BAHAGIA, jauh sekali dari yang namanya Sakinah Mawadah Warahmah..
Tulisan ini bukan bermaksud untuk menyurutkan para pemuda termasuk saya untuk menyegerakan menikah, tapi lebih ke arah persiapan yang lebih baik, siapa yang tidak mau rumah tangga yang dibina rumah tangga bahagia?
Bagi yang sudah menikah, ingat kembali kenapa anda menikahi pasangan anda? kenapa dulu anda ingin berumah tangga dengannya?
Bagi para laki laki, Rosulullah bilang ada 4 kriteria kenapa wanita itu dinikahi dan ketika ingin beruntung/bahagia carilah yang karena Agamanya, dan Rosulullah bilang sebaik baik perhiasan adalah wanita sholehah, dan dengan berbagai cerita yang masuk ke telinga, itu benar. Yang dulu menikah karena hartanya, kecantikannya dan keturunannya tanpa Agama yang Bagus sungguh menjadi bala bencana ketika menjalani rumah tangga, banyak dari yang sudah menikah ternyata tak semanis apa yang dulu dibicarakan, ma sya Allah..
Bagi para perempuan, rosulullah bilang carilah yang baik iman dan akhlaqnya, tapi mayoritas perempuan dan keluarga zaman sekarang pasti cari lelaki yang ganteng, mapan dan keluarga ningrat. Ingat, ketika ada seorang laki yang baik iman akhlaqnya datang melamarmu, maka jangan engkau tolak kecuali akan terjadi kerusakan di muka bumi, dan apakah kita mungkin berfikir  perempuan perempuan yang sudah menikah kemudian akhirnya tidak bahagia adalah sesuai hadist nabi ini? mungkin mereka sudah melukai hati para lelaki sholeh baik sengaja maupun tidak sengaja, apalagi Allah dan Rosulnya mewanti mewanti kepada kita jangan pernah melukai laki laki yang sholat subuhnya berjamaah.wallahualam..
semoga Allah azzawajala memberikan jodoh terbaik bagi kita semua yang belum berjodoh, dan memberikan hidayah, kesabaran, dan ilmu bagi orang yang sudah menjalani rumah tangga, berat memang berat, karena hadiah dari keberhasilan rumah tangga adalah Surga :’)

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: