Skip to content

Ketika Ali bin Abi Thalib melamarmu?

April 5, 2016

Hampir setiap wanita muslimah mendambakan laki-laki sholeh sebagai suaminya, meskipun perempuan yang belum sholehah sekalipun hehe tapi yang jadi pertanyaan definisi sholeh yang seperti apa yang wanita muslimah dambakan? Bahkan kisah Ali dan Fatimah kadang menjadi sosok yang diidam-idamkan di kalangan pasangan muda mudi sholeh-sholehah.
Cerita masyhur kisah cinta Ali dan Fatimah yang luar biasa dan bisa diambil hikmahnya menjadi inspirasi di kalangan masyarakat. Tapi di zaman sekarang ini, ketika seorang ali bin abi thalib radiallahuanhu melamarmu, apakah engkau akan terima?
Ali bin abi thalib adalah sosok pemuda sholeh, salah satu sahabat yang dijamin masuk surga oleh rosulullah shallahu alaihi wassalam, tapi beliau tidak punya dunia. Liat saja ketika ditanya bapaknya Fatimah untuk dijadikan mahar, dia cuman punya baju besi, bahkan untuk acara resepsinya saja, biaya yang dikeluarkan adalah hasil patungan dari para sahabat untuk memuwudkan walimatul ursy, beliau radiallahuanhu tidak punya pekerjaan tetap lantas jika ada seorang ali bin abi thalib datang melamarmu apakah engkau terima? Apakah keluargamu terima?
Ketika kita baca beberapa kisah rumah tangga ali dan fatimah begitu jauh dari gemerlapnya dunia, bahkan disebutkan pakaiannya mereka pernah berganti gantian karena tidak adanya uang untuk membeli pakaian. Masih mendambakan sosok seorang soleh seperti Ali bin Abi Thalib radiallahuanhu?
Di zaman sekarang, harus ada pegangan dalam hidup atau ada pekerjaan tetap untuk hidup, keluar pernyataan jangan menikahi dia kalau untuk diajak susah, wow. Ketika menikahiku atau putriku, bagaimana ekonomi rumah tangga setelah menikah? Ada yang dijadikan pegangan atau tidak? Jangan bermodalkan semangat saja,itu tidak cukup dan seterusnya Bahkan keluar pernyataan statement “ Islam itu harus Kaya” , kadang dipertanyakan mana dalilnya? Apakah Allah dan Rosulunya menyuruh kita untuk kaya di dunia, hidup dengan kemewahan, kalau iya seperti tentu Muhammad, Rosulullah shallahualaihi wassalam yang berhak atas seluruh kemewahan hidup di dunia ini, silahkan cek sirah nabawiyah bagaimana kehidupan Rosulullah. Terus jadi dalil para sahabat itu kaya seperti Abu Bakr dan Umar ibn Khatab, baiklah pertanyaannya adalah Abu Bakr menyedekahkan 100% hartanya, Umar ibn Khatab 50% hartanya, lantas sudah berapa persen harta yang kita sedekahkan? Bukankah hakekat dunia itu adalah Apa yang kita Makan, Apa yang kita gunakan? Sisanya sedekahkan?
Wajar dan Manusiawi🙂 Mari kita terus belajar dan belajar, rajin mengaji ilmu syariat, meskipun susahnya minta ampun untuk menerapkan 100%😥 tapi coba semampu kita untuk senantiasa menggali apa apa yang sudah Allah tetapkan dalam syariat kehidupan di dunia ini yang sifatnya sementara. Kalau inginkan jodoh seperti Ali bin Abi Thalib maka pantaskan dirimu seperti Fatimah binti Rosul🙂

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: